17 Tips Desain Grafis yang Perlu Diketahui Semua Orang Non-Desainer

17 Tips Desain Grafis yang Perlu Diketahui Semua Orang Non-Desainer

jasa pembuatan logo, jasa desain logo, jasa bikin logo murah bandung

Jika Anda membutuhkan desain gambar untuk posting blog, media sosial, atau iklan online, Anda tidak perlu gelar dalam desain grafis. Anda hanya perlu praktik hingga berhasil.

Dalam pos ini, kami telah mengumpulkan 17 kiat desain grafis yang perlu diketahui oleh semua non-desainer. Jika Anda mengikuti ini, Anda akan siap untuk menghasilkan grafik yang luar biasa untuk semua kebutuhan  Anda.

 

1. Mulai dengan palet warna yang bagus

Pernah perhatikan bahwa desain terbaik cenderung memiliki warna yang indah? Itu bukan ketidak sengajaan. Memilih palet warna yang bagus adalah salah satu kunci dari desain yang bagus.

Sekarang sebelum Anda merasa takut memikirkan untuk memilih warna Anda sendiri, Anda tidak perlu melakukannya. Menggunakan situs seperti ColourLovers akan memberi Anda akses ke jutaan palet warna yang indah. Temukan saja kode hex yang Anda suka, dan gunakan dalam desain Anda.

 

Color lovers

2. Jangan terbawa oleh font

Idealnya, Anda ingin membatasi diri Anda pada 1 atau 2 font. Ini membuat Anda tidak perlu khawatir tentang banyak kombinasi. Jika Anda akan menggunakan banyak font, gunakan satu untuk tajuk dan lainnya untuk isi.

Limit fonts

 

3. Menggunakan ATM

Kamu pastinya sering sekali melihat desain-desain yang bagus di google, behance, dribble dan sebagainya. Tidak ada salahnya menggunakan ATM(Amati Tiru Modifikasi) ketika melakukan desain sehingga anda dapat menyesuaikan dengan desain yang anda butuhkan.

 

4. Jangan takut dengan ruang kosong

Tidak, tidak kosong dalam arti jelek. Sebaliknya, jangan takut untuk meninggalkan ruang putih kosong dalam desain Anda. Kadang-kadang, seperti kata mereka, minimalis lebih baik.

Seringkali desain menjadi sangat berantakan sehingga beberapa ruang putih justru akan meningkatkan desain. Ini mungkin memerlukan sedikit penyesuaian mental dari Anda. Tetapi dengan perubahan yang tepat, Anda dapat menggunakan konsep sederhana ini untuk melompat melewati desainer yang tampaknya “ahli”.

Jika Anda ingin pelajaran tentang bagaimana memanfaatkan ruang kosong, lihat gambar pemasaran apa pun yang dibuat oleh Apple.

iphone-white-space

5. Sejajarkan objek Anda

Ini membantu menjaga elemen desain agar tetap rapi, terlepas dari ukurannya yang berbeda. Penjajaran yang tepat adalah cara mudah untuk memberikan gambar Anda tampilan yang canggih dan profesional.

Align objects

6. Gunakan ikon untuk mendukung pesan Anda

Ikon seperti lada hitam. Mereka dapat ditaburkan di atas desain apa pun yang Anda buat. Dan ikon-ikonnya akan menambah bumbu ekstra pada desain Anda, memastikan rasanya “enak”.

Helpscout icons

 

7. Ikuti aturan desain Anda sendiri

Aturan, aturan apa? Yang Anda tetapkan untuk diri sendiri.

Ini mungkin tidak akan menjadi aturan khusus. Melainkan kasus di seluruh desain Anda di mana Anda menggunakan serangkaian warna, garis, tekstur, dll. Jika Anda memilih pilihan itu, jangan berbalik dan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan itu. Tetap konsisten dengan “aturan desain” Anda, untuk memastikan konsistensi dalam gambar Anda secara keseluruhan.

 

8. Edit dan ulangi

Jika Anda bekerja dengan beberapa desain di kampanye iklan, situs web, atau proyek lain – mungkin paling mudah bagi Anda untuk hanya mengedit dan mengulangi. Yaitu, salin desain Anda dan kemudian hanya menukar elemen yang perlu diubah. Itu memastikan formatnya sama, bahkan saat Anda mengubah konten.

 

9. Gunakan varian font

Anda dapat menambahkan banyak variasi, sambil tetap menjaga hal-hal tetap konsisten. Kuncinya adalah menggunakan teks dari satu font “family”.

Contoh font “kfamily” adalah Arial yang memiliki font Arial dasar, bersama dengan varian seperti Arial Black, Arial Narrow, dan Arial Rounded MT Bold. Semua font ini terlihat berbeda. Namun ada cukup kesamaan di antara mereka bahwa itu akan memberikan rasa konsistensi ketika digunakan bersama dalam desain.

Font variants

 

10. Manfaatkan sepenuhnya kontras

Menggunakan kontras membantu menambah “sikap” pada desain Anda, serta membuat elemen-elemen tertentu menonjol. Ada banyak cara untuk menghasilkan kontras juga. Anda dapat menggunakan warna yang kontras, font, atau bahkan jumlah kontras ruang antara item dalam desain Anda.

Pikirkan juga dalam konteks dunia nyata dan Anda akan melihat mengapa ini masuk akal. Orang setinggi tujuh kaki (pegulat Andre the Giant, misalnya, atau pemain bola basket Yao Ming) mendapat perhatian karena mereka berbeda dengan populasi umum. Hal yang sama berlaku untuk elemen kontras dalam desain Anda.

 

11. Gunakan garis (atau dua) untuk menciptakan rasa kerapihan

Garis membantu untuk menjangkar item dalam gambar dan menciptakan kesan bahwa ada urutan keseluruhan. Gunakan garis pada gambar Anda dengan meletakkannya di sekitar blok teks – di sana dengan menjangkar teks.

Anda juga dapat menempatkan garis sebagai “pemisah” antara berbagai elemen dalam gambar. Dalam kasus yang terakhir ini, rasa elemen yang dipisahkan lebih lanjut perasaan perencanaan dan koordinasi dalam desain.

add-a-line

 

12. Rencanakan desain Anda

Kami menempatkan ujung ini di tengahmelalui daftar kiat di mana perencanaan biasanya termasuk dalam proses desain grafis kebanyakan orang.

Daripada memiliki perencanaan sebagai langkah penting pertama, rata-rata non-desainer hanya mulai berpikir serius tentang rencana mereka untuk desain SETELAH mereka memasuki proses desain.

Tahap perencanaan tidak perlu lama. Bahkan, bisa jadi satu atau dua menit. Tetapi jika Anda tahu apa yang ingin Anda capai sebelum mulai merancang, Anda akan menyelesaikan banyak hal lebih cepat.

 

13. Tambahkan teks di atas gambar dengan menyesuaikan tingkat kecerahan

Saat desain Anda melibatkan meletakkan teks di atas gambar, sesuaikan tingkat kecerahan gambar latar belakang atau tambahkan overlay warna. Dengan cara ini gambar latar belakang akan mengimbangi warna teks, menyebabkan teks dapat dibaca dan desain tetap terlihat bersih dan jelas.

Brightness levles

 

14.Merapihkan koten anda dengan hati-hati

Setiap kali Anda memiliki tubuh teks (yaitu paragraf), setiap baris tidak boleh lebih dari 30-40 karakter. Itu termasuk spasi juga, jadi pilihlah dengan cermat.

Jika Anda melebihi ini, Anda berisiko kalimat menjadi sulit bagi pembaca untuk membacanya. Dan yang lebih pendek, dan baris teks Anda mulai menyerupai potongan Tetris.

 

15. Pikirkan untuk siapa Anda mendesain

Kecuali jika ini murni untuk kesenangan pribadi Anda, Anda mungkin mendesain untuk audiens tertentu. Jangan pernah lupa “siapa” yang Anda rancang. Ini memastikan Anda membuat sesuatu yang ingin dilihat oleh audiens desain Anda dan sesuatu yang akan mereka berikan tanggapan positif.

Konteks penting di sini. Desain yang gelap, suram, bahkan menyeramkan – misalnya – tidak akan menjadi hal yang ingin Anda miliki di situs web untuk produk kelas atas yang mahal. Hal yang sama akan berlaku misalnya, dengan desain yang terasa terlalu “kekanak-kanakan” (dalam warna-warna cahayanya, penggunaan garis berlekuk, kartun, dll.) Untuk audiens dewasa yang dewasa.

 

16. Biarkan bentuk mengikuti fungsi

Jadi, pastikan Anda tahu fungsi desain Anda. Mengetahui bahwa Anda akan dapat dengan mudah datang ke formulir yang berfungsi. Anda akan memiliki perasaan yang lebih baik tentang apa yang termasuk dalam desain dan apa yang tidak.

 

17. Tetap sederhana

Pernahkah Anda melihat film – film superhero dan epik scifi muncul di benak Anda – yang memiliki terlalu banyak efek khusus. Terlalu banyak ledakan, pesawat ruang angkasa yang melaju cepat, robot raksasa, dan sebagainya. Akhirnya efek khusus hanya kabur bersama dan mematikan sebagian besar dari apa yang terjadi di tempat lain dalam film. (Kami melihat Anda, Transformers.)

Sama dengan desain Anda. Jika Anda berlebihan dengan terlalu banyak efek khusus seperti bayangan dan gradien warna, Anda akan dengan cepat bergerak ke arah gambar yang kembung dan estetis.

Anda masih dapat menggunakan beberapa “efek khusus” desain. Tapi cukup tampilkan sedikit ke desain Anda. Terlalu banyak efek khusus dan meniadakan sisa desain Anda.

 

 

dari 17 tips ini, desain apa yang nantinya akan dibuat oleh anda? semoga tips ini berguna untuk komunitas atau bisnis anda.

 

sc : https://blog.snappa.com

jasa pembuatan logo, jasa desain logo, jasa bikin logo murah bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

WA kami 0815 4158 4383